Tutorial Blogger Pemula

Recent Comment

Selasa, 23 Maret 2010

CARA MEMBUAT KOTAK TEXT AREA

Dalam postingan yang sederhana ini, saya ingin berbagi dengan Anda tentang Cara Membuat Kotak Text Area untuk Blogger, namun ijinkan terlebih dahulu saya menjelaskan sedikit mengenai manfaat atau fungsi dari kotak text area, agar kita tidak hanya tahu mengenai cara memasangnya saja tetapi juga mengetahui tujuan dibuatnya text area tersebut.

Manfaat atau fungsi Kotak Text Area antara lain adalah dapat dijadikan sebagai tempat penyimpanan kode-kode HTML/Javascript baik untuk bertukar link (Link Exchange) sesama blogger maupun untuk tujuan lain. Kotak text area juga bisa digunakan untuk menaruh pesan kepada pengunjung blog atau kepada diri sendiri dengan menggunakan abjat biasa. Perhatikan contoh di bawah ini:

  1. Contoh Kotak Text Area berisi Kode HTML/Javascript untuk Tukar Link:


  2. Contoh Kotak Text Area berisi pesan dengan abjat biasa:

Dengan contoh di atas semoga Anda sudah mengerti tentang manfaat dan fungsi kotak text area, selanjutnya tinggal kreatifitas Anda dalam memanfaatkannya untuk tujuan dan keperluan yang diinginkan, dan perlu diketahui kotak text area ini bisa dipasang di sidebar dan dalam postingan.

Adapun kode untuk membuat Kotak Text Area tersebut adalah seperti di bawah ini:

<p align="center"><textarea name="code" rows="6" cols="30"> disini tempat untuk menyimpan kode html/javascript atau pesan anda</textarea></p>

A. Cara Pasang di SideBar Blog:


  1. Login ke Blogger, kemudian pilih Tata Letak --> Element Halaman;


  2. Klik Tambah Gadget lalu pilih HTML/Java Script;


  3. Copy dan paste kode di atas pada tempat yang disediakan;


  4. Sebelum disimpan Anda bisa mengatur ukuran kotak sesuai keinginan yaitu dengan merubah angka pada rows untuk tinggi kotak dan pada cols untuk lebar kotak.


  5. Terakhir Simpan dan lihat hasilnya.


B. Cara Pasang di Postingan:

Cara memasang pada postingan itu sangat mudah, Anda cukup memasukan kode di atas sesuai keinginan Anda dan sebelum mempublish postingan Anda harus pastikan dahulu bahwa pada menu Post Option postingan pilih Tafsirkan HTML yang diketik, selanjutnya klik Publish, selesai.

Demikian yang dapat saya sampaikan, terima kasih atas kesediaan Anda mengunjungi blog ini, semoga bermanfaat.


= = = = = = =>Selamat Berbagi, Semoga Mejadi Amal Kebaikan!!!<= = = = = = =
Silahkan Baca Juga Artikel Di Bawah ini:


0 Komentar:

Posting Komentar

Copyright 2010 | Blog Serba Tersedia | Make Money Online